Laman

Selasa, 15 Mei 2012

venus tumbuhan pemakan serangga yang mengagumkan

Venus adalah salah satu jenis tumbuhan yang paling unik di dunia. Tumbuhan ini adalah salah satu jenis tumbuhan pemakan serangga. Keahliannya berburu serangga, membuat tumbuhan venus dikategorikan sebagai tanaman insektivora ini sudah mulai menjadi bahan pengamatan para ahli semenjak ratusan tahun yang lalu.




tumbuhan venus


Venus merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai kemampuan yang hebat sekali dalam berburu. Tumbuhan venus termasuk tumbuhan pemangsa serangga. Venus memiliki cara berburu dengan menjebak karena terdapat perangkap di tubuhnya. Venus seringkali menangkap dan memakan serangga yang menghinggapinya.

Serangga seringkali terkecoh oleh tumbuhan Venus. Tampilan venus beraroma khasnya mampu memancing serangga untuk menghampiri dan hinggap di tubuh Venus. Dengan tanpa curiga sedikitpun, serangga sering mendekat tanpa merasa curiga padahal bahaya sedang mengintainya. 



Saat serangga menghampiri dan hinggap di tubuh Venus, langsung saja Venus bergerak melipat dan menutup rapat daun-daunnya. Katup yang tedapat di tubuh Venus seperti bertaring laksana mulut suatu hewan. Gerakan tutup katupnya sering membuat serangga terperangkap di antara daun-daun. Katup ini semakin lama semakin erat apitannya.

Venus lantas mengeluarkan cairan penghancur dan pelarut daging. Karena tidak hanya serangga, katak sekalipun kerap jadi korban tumbuhan ini. Dalam waktu yang cepat, Venus melumat mangsanya sampai hancur seperti bubur lalu melahap korban.

venus menangkap katak
Tumbuhan Venus mampu menutup daun-daunnya dengan cepat sekali. Bila manusia mengatupkan jari tangannya dengan cepat maka Venus lebih cepat lagi dibandingkan manusia. Terbukti, manusia sering meleset saat menangkap seekor lalat yang sedang hinggap pada telapak tangannya, sebaliknya tumbuhan Venus dengan mudah melakukannya.





Adapun ciri-ciri tumbuhan venus atau yang yang bernama latin Dionaea muscipula ini adalah berbentuk menyerupai buku yang terbuka. warna bagian dalamnya merah menawan, sangat menarik perhatian serangga, ditambah pada bagian tengah daunnya keluar aroma sedap diiringi keluarnya kelenjar disekelilingnya, membuat serangga semakin penasaran ingin hinggap.



Begitu serangga hinggap dan terjadi beberapa kali gesekan antara serangga dengan permukaan daun, maka tumbuhan ini segera menutup daunnya rapat-rapat. Seranggapun akhirnya terperngkap di dalamnya. Gerakan-gerakan serangga yang hendak membebaskan diri justru membuat daun semakin erat mengapit.


Tumbuhan ini kemudian mengeluarkan cairan untuk menghancurkan dan melarutkan tubuh serangga. Tumbuhan ini juga mampu menutup daunnya dengan kecepatan yang sangat tingi,Jauh lebih cepat daripada manusia menangkap seekor lalat, serangga yang bergerak cepatpun tak bisa lolos dari sergapan daun Venus.

Sistem elektrik rumit yang dimiliki tumbuhan Venus yang membantu Venus mahir sekali melakukannya. Seandainya Venus memiliki kemampuan berfikir, apa yang akan dilakukannya dengan modal kemampuannya tersebut? Ini semua mahakarya sang pencipta, Allah Swt. Seperti firman Allah: Dan berapa banyak binatang yang tidak dapat membawa rizkinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Ankabuut, 29:60) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar